5 Tips Jitu Berbelanja Dengan Effektif Di Tahun 2017




Assalamualaikum sahabat Positif, apakah anda termasuk orang yang suka kebablasan ketika berbelanja?, tentu saja kami harap tidak. Pada artikel kali ini Positif News akan berbagi tips jitu agar ketika anda berbelanja untuk memenenuhi kebutuhan, anda tidak lepas kontrol sehingga apa yang menjadi kebutuhan utama anda tidak terlupakan dan keuangan anda tetap aman. Kita semua mengetahui ketika berbelanja godaan-godaan selalu datang sehingga timbul berbagai keinginan untuk membeli segala sesuatu diluar kebutuhan. Hati-hati, jika kebiasaan ini berada pada diri anda dan tidak terkontrol akan  menyebabkan penyakit kronis kanker alias kantong kering. Untuk itu, kami sarankan anda untuk segera mengatasinya, agar keuangan anda tetap aman dan belanja yang anda laukan effektif dan sesuai dengan kebutuhan. 

Langsung saja, inilah tips ampuh berbelanja dengan effektif:

1. Catat Berbagai Kebutuhan  Anda Sebelum Berbelanja

Sahabat positif tips yang pertama adalah catat berbagai kebutuhan anda sebelum berbelanja, sebelum anda memutuskan untuk berbelanja lakukan lah pengecekan terhadap berbagai kebutuhan yang benar-benar urgent (penting), catatlah berbagai kebutuhan tersebut ke dalam sebuah buku agenda yang khusus agar catatan yang telah anda buat tidak tercecer. 

2. Gunakan Buku Agenda Khusus untuk catatan Kebutuhan Belanja Anda

Gunakanlah buku agenda yang khusus sebagai catatan berbagai kebutuhan belanja anda, buku agenda khusus ini memiliki manfaat, selain agar catatan belanja anda dapat tersusun rapi, buku ini juga memiliki manfaat sebagai catatan informasi mengenai berbagai belanjaan yang anda lakukan dari waktu ke waktu, mengenai harga belanjaan yang anda lakukan, tanggal belanja anda sampai total belanjaan anda, catatlah berbagai informasi tersebut ke dalam buku agenda khusus setiap kali anda berbelanja. Ingat lah catatan ini sangat membantu anda untuk berbelanja di waktu mendatang.

3. Pilihlah Tempat Berbelanja Yang Khusus

Tips yang ketiga ini maksudnya adalah ketika catatan kebutuhan anda yang akan dibelanjakan misalnya berkaitan dengan kebutuhan pokok, carilah tempat berbelanja yang benar-benar khusus menjual kebutuhan pokok, seperti pasar tradisional, agar anda tetap fokus dengan daftar catatan belanja anda, jika anda memutuskan untuk berbelanja di supermarket atau mall bisa dipastikan anda akan melirik kesana kemari, sehingga anda tergiur untuk berbelanja di luar daftar catatan belanja anda.


4. Ajaklah Orang Dekat Anda Ketika Berbelanja

Tips yang ke empat ini adalah anda mengajak orang dekat anda ketika berbelanja. Tujuannya adalah agar anda memiliki out self kontrol atau pengontrol diri anda dari luar. Pengontrol dari luar ini berfungsi sebagai pengendali anda, agar anda berbelanja sesuai dengan daftar belanja yang anda buat sebelumnya, sehingga ketika anda lepas dari kendali, orang dekat yang anda ajak ikut berbelanja dapat mengingatkan anda bahwa anda telah keluar dari jalur catatan kebutuhan anda, dan cara ini sangat effektif untuk dilakukan.

5. Bawalah Uang Sesuai Dengan Perkiraan Belanja Anda

Tips yang terakhir ini, anda dilarang untuk membawa uang yang berlebihan, dan bawalah uang sesuai perkiraan belanja anda. Perkiraan belanja ini dapat anda peroleh dari catatan-catatan anda sebelumnya seperti pada poin dua diatas. Misalnya anda ingin berbelanja kebutuhan pokok, dengan perkiraan total belanja anda 100 ribu rupiah, maka anda cukup melebihkan uang yang anda bawa sekitar 25% dari total belanjaan anda yaitu sekitar 125 ribu rupiah. Tujuannya adalah agar anda tidak kebablasan dalam berbelanja, misalnya ketika anda berlebihan dalam membawa uang dan semua belanja dalam catatan anda telah dibeli, dan anda melihat uang anda masih berlebih banyak, akan timbul keinginan-keinginan untuk membelanjakan uang tersebut, jadi inilah manfaat membawa uang secukupnya ketika berbelanja.

Bagaimana sahabat positif? mudah-mudahan 5 tips berbelanja di atas memberi manfaat dan ketika anda sudah membaca artikel ini anda dapat mengontrol diri anda dalam berbelanja, sehingga anda dapat membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan dan anda dapat berbelanja dengan effektif dan tidak kebablasan.

Salam Positif!! :)

Comments

Popular posts from this blog

Jalan Malam: Pasar Sukaramai "Malam"!! Surga Wisata Belanja Murah Yang Berkualitas

Inilah 3 Alasan, Mengapa Anda Harus Menjadi Orang Kaya